Manajerial Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah di BMT Khoiru Ummah Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.61166/jiapmp.v1i2.12Keywords:
Ekonomi Syariah, Prinsip Syariah, Pembiayaan Islami, ManajerialAbstract
Menurut UU. No 12 Pasal 33 menerangkan koperasi indonesia merupakan suatu badan hukum yang berstruktur organisasi atau ekonomi kerakyatan dengan sifatnya sosial yang melindungi operasional koperasi koperas yang merupakan badan usaha yang dibentuk oleh orang latar belakang ekonomi. Koperasi tidaklah sekelompok aset melainkan sekelompok orang yang didalamnya terdapat kerjasama antara anggota, metode yang dipergunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (Field Research). Tekniik pengumpulan datanya terdiri atas wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis datanya menggunakan model Milles dan Huberman reduksi data, penyajian data, hasil dan pembahasan yang ddiapatkan penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah di BMT Khoirul Ummah adalah prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kemaslahatan, prinsip keadilan, faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah di BMT Khoirul Ummah adalah faktor literasi, faktor ekonomi dan faktor sosial kesimpulan. Dalam keberhasilannya menerapkan prinsip ekonomi syariah BMT Khoirul Ummah ini ada pada kualitas Sumber Daya Manusia, tata kelola organisasi, dan pengawasan Dewan Pimpinan Syariah (DPS) pemahaman mengenai ilmu fiqih muamalat dan memegang komitmen secara terus menerus untuk menerapkan prinsip-prinsip ekonomi syariah.
References
Amalia, N. R., & Syaipudin, L. (2024). Capital Market Reaction to the 2019 Indonesian Presidential Election in Advertising and Advertising Companies. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(1), 22-32.
Abadi, M. T. (2021). Pengantar Ekonomi Koperasi (M. S. Mubarok (ed.)). CV. Eureka Media Aksara.
Abdussamad, Z. (2021). Metodelogi Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). CV. Syakir Media Press.
Ajustina, & Nisa. (2024). Impelmentasi Prinsip Ekonomi Syariah Terhadap Pengembangan Ekonomi Umat Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(6), 626–637.
Asshobirin, M. P., Robbani, M. I., & Rahmawati. (2024). Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah Untuk Memperkuat Toleransi Dalam Masyarakat Multikultrural. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 9(2), 147.
Astuti, Y. (2019). Pengauh Kualitas Pelayanan, Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyaitas Nasabah BMT UGT Sdogiri Cabang Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1.
Facrurazi, & Bachtiar, E. (2020). Strategi Baitul Maal Wat Tamwil (Teori Ke Praktek) (S. Purawadi (ed.)). IAIN Pontianak Press.
Haikal, M., Akbar, & Efendi. (2024). Prinsip-Prinsip Hukum Ekonomi Syriah Dalam Undang-Undangan Perbankan Syariah. Jurnal Syariah Dan Hukum, 5(4), 26–39.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal Ashri Publishing.
Herawati, N. R., & Sari, S. R. K. (2021). Manajemen Koperasi Jasa Keuangan (KJK) Berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional) (A. Susanto (ed.)). Lakeisha.
Hidayat, M. (2025). Observasi.
Megawati, Sudiyarti, Sari, D. I., Salasiah, & Asari, A. (2024). Pengantar Koperasi (A. Aari & T. A. Marlin (eds.)). PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Moonti, U. (2016). Dasar-Dasar Koperasi (Y. Tamu (ed.)). Interpena Yogyakarta.
Haniyah., Khoirunnisa, S., & T.V, A. (2023). Rekonstruksi Model Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Sunnah Nabawiyah Sebagai Fondasi Ekonomi Modern Yang Beretika. PT. RajaGrafindo Persada.
Naqiyah, & Triana, N. (2021). Rekonstruksi BMT Sebagai Lembaga Keungan Alternatif (A. Zayyadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu.
Nila, N. S. A., Kambali, M., & Permanasari, L. (2024). Pengaruh Program Sertifikasi Halal terhadap Penjualan Produk Umkm Bidang Pangan di Kabupaten Gresik. Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 4(2), 52-60.
Putri, R. T., & Syaiin. (2025). Impementasi Penerapan Prinsip Ekonomi Syari’ah Dalam Pembiayaan Mikro Syariah Studi Kasus BMT Muamalah Syariah Tebuireng Jombang. Jurnal Kampus Ilmiah Nuantara, 2(4), 595.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodelogi Penelitian (Syahrani (ed.)). Antasari Press.
Rani, R. P., & Permanasari, L. (2024). Shopee Paylater Transaction Analysis on Online Selling in a Sharia Economic Perspective:(Case Study On Shopee Paylater Users In Kedamean Distric, Gresik Regency). Ekonomia: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 20-35.
Rose, K. ., & Ahmadi, R. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. RajaGrafindo Persada.
Sahir, S. H. (2021). Metodelogi Penelitian (T. Koryati (ed.)). Penerbit KBM Indonesia.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. PT. Refika Aditama.
Sukmayadi. (2020). Koperasi Syariah Dari Teori Untuk Praktik. CV. Alfabeta.
Suparman, U. (2020). Bagaimana Menganalisis Data Kualitatif. CV. Pusaka Media.
Syamsi, S. A. (2025). Wawancara.
Triansyah, F. A., Effendi, M., Sarlawa, R., Iskandar, Y., Andjarwati, T., Dhae, L. R. ., Lusono, A., Eliyana, R., Durya, N. P. M. A., & Maharida. (2023). Manajemen Koperasi (A. Asari (ed.)). PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Widodo, Z. D., Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., Rini, G. P., Putra, A. R., Uran, B. E. K., Mulyani, Soegoto, A. S., Nugroho, L., Nurzianti, R., Nugroho, H., Sudirman, A., Santosa, S., Novianti, R., Pattiapon, M. L., Pinem, D., & Ridwan, N. H. (2022). Manajemen Koperasi Dan UMKM (D. E. Putri & E. P. Sari (eds.)). Group CV.Widina Bhakti Persada Bandung.
Wijaya, A., & Kurniawan A, E. (2022). Ekonomi Koperasi: Eskpedisi, Dinamika dan Tinjauan di Indoensia. Madza Media.
Y, Azhari., & Darmudji, D. (2023). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Koperasi Pemasaran Syariah Ikhlas Beramal Bangkalan. Journal Of Social Community, 8(11), 828.
Yuvanda, S., & R, M. R. (2021). Ekonomi Koperasi (S. Hidayat (ed.)). Uniiversitas Jambi Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Musa Hidayat, Kholisudin, Lukita Permanasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




